Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Balai POM di Palopo Melalui Forum Konsultasi Publik

15-11-2023 Umum Dilihat 394 kali

Palopo – Sebagai Unit Pelayanan Publik maka Balai POM di Palopo senantiasa berupaya meningkatkan kualitas layanan publiknya. Untuk itu, pada tanggal 15 November 2023 Balai POM di Palopo menyelenggarakan kegiatan Forum Konsultasi Publik (FKP) bertempat di Ruang Ratona Kantor Walikota Palopo. Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan layanan publik yang tersedia di Balai POM di Palopo beserta dengan persyaratan, prosedur, dan biayanya. Bahkan lebih dari itu, kegiatan ini juga memiliki tujuan untuk menampung aspirasi dan saran dari pihak terkait untuk perbaikan layanan.

Kegiatan ini dibuka oleh Asisten II Pemerintah Kota Palopo Ilham Hamid, dalam sambutannya beliau mengharapkan melalui kegiatan ini para stakeholder dapat memahami layanan publik yang terdapat di Balai POM di Palopo serta mengharapkan layanan publik yang semakin baik ke depannya.

Kepala Balai POM di Palopo, Burham Sidobejo memaparkan profil Balai POM di Palopo agar peserta memahami tugas dan fungsi Balai POM di Palopo sebagai Unit Pelayanan Publik. Setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan jenis layanan publik di Balai POM di Palopo serta persyaratannya yang disampaikan oleh narasumber dari Balai POM di Palopo. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan diskusi yang berisi saran serta masukan untuk perbaikan layanan publik Balai POM di Palopo.

Selain pemaparan materi dan diskusi, pada kegiatan ini juga dilakukan Penyerahan Nomor Izin Edar Pangan Olahan dan Sertifikat CDOB bagi pelaku usaha yang telah didampingi oleh Fasilitator Balai POM di Palopo pada tahun 2022 dan 2023. Adapun pelaku usaha pangan olahan yang memperoleh Nomor Izin Edar yaitu: Frozen Fadhil Songka (Bakso Ayam, Bakso Sapi, dan Naget Ayam), CV. Universal Nusantara Spices (Gula Aren) dan CV. Kaka Tirta Waetuo (Air Minum Dalam Kemasan). Pelaku usaha yang mendapatkan Sertifikat Cara Distribusi Obat yang Baik (CDOB) antara lain: PBF PT. Tempo, PBF Tri Sapta Jaya, dan PBF Atiga Bunga Jaya.

Melalui kegiatan Forum Konsultasi Publik ini tentunya diharapkan akan tercapai peningkatan dan perbaikan kualitas pelayanan publik yang cepat, adil, transparan dan akuntabel di Balai POM di Palopo.

Sarana